Cara Mencegah Agar Musik Video Youtube tidak Terkena Hak Cipta

Advertisement
Salah satu cara mendulang penghasilan di internet adalah dengan membuat Video dan menggunggahnya di situs Youtube, dengan hanya klik Monetisasi anda sudah bisa mendapatkan dollar dari hasil video anda. Namun kebijakan youtube sangat ketat mengenai video yang diunggah ke situsnya, mulai dari keaslian (originalitas) video dan audio video.

Bagaimana Video saya Terkena Hak Cipta (Copyright)?
Seperti yang kita ketahui youtube akan memberikan peringatan jika ada kesamaan baik itu Video atau Audio/musik yang diunggah, hal ini terjadi karena sebelumnya sudah ada yang mengupload video/audio yang sama. Jadi youtube menganggap ini sebuah SPAM, ada baiknya anda membuat video original anda sendiri agar terhindar dari klaim hak cipta.

Cara Mencegah Agar Video/audio/musik tidak terkena Hak Cipta
Jika memang anda tidak memiliki ide untuk membuat video asli maka cara dibawah ini mungkin bisa membantu, Anda bisa menggunggah ulang video yang sudah ada di youtube dengan syarat ;

  • Video harus di mix (dicampur) dengan video lain agar tida terdeteksi youtube, akan lebih baik lagi jika video sedikit diedit baik itu menambahkan gambar ataupun tulisan.
  • Jika anda mengambil audio musik dari youtube, maka yang harus dilakukan adalah mengedit equalizer audionya sehingga youtube tidak akan curiga. Anda bisa mengedit audionya di software editing audio yang tersebar di internet.



  • Menggunakan Musik yang bebas copyright yang telah disediakan di youtube
  • Memilih video lisensi CC (creative Common) / bebas copyright
  • Jika anda membuat video di software editing video yang memakan waktu rendering sangat lama, dan setelah video selesai dibuat (ukuran hingga GB) dan diupload diyoutube ternyata video anda terkena klaim hakcipta, jujur ini sangat kesal (pengalaman). Maka untuk mencegah hal tidak terulang disarankan agar membuat salinan video dengan ukuran kecil (convert), ketika anda mengupload (vide ukuran kecil) dan terkena hak cipta maka silahkan hapus videonya, kemudian edit kembali video/musiknya disoftwarenya. Hal ini mencegah agar tidak memakan waktu (karena render video) dan menghemat kuota data internet.
Bagaimana Jika sudah terlanjur terkena Hak Cipta (Audio/musik)
Ada beberapa klaim hak cipta dari youtube ;

  • Video yang terklaim harus dihapus
  • Video yang terklaim tidak harus dihapus namun tidak bisa dimonetisasi
  • Video yang terklaim tidak harus dihapus namun dimonetisasi oleh pemilik asli video dengan hasil bagi monetisasi (logo dollar $ hanya hijau setengah)
  • Video yang terklaim tidak harus dihapus namun dimonetisasi oleh pemilik asli video tidak ada hasil bagi (logo dollar $ coret)



Jika anda merasa bahwa video yang diunggah adalah asli milik anda namun terkena klaim hak cipta sebenarnya bisa ajukian penolakan (ajukan banding), namun jika anda benar-benar mengupload ulang dan ajukan banding pasti akun adsense youtube akan dibanned. Salah satu cara agar video khususnya audio/musik yang diklaim hak cipta bisa di monetisasi adalah dengan membuang lagunya dan menggantinya dengan lagu-lagu yang bebas hak cipta (disediakan oleh youtube).

1. Masuk ke Creator Studio > Video > pilih video yang terkena hak cipta > klik mencakup konten hak cipta

2. Contoh dibawah ini adalah video yang terklaim hak cipta namun dimonetisasi oleh penggugat/pemilik video asli, silahkan klik buang lagu

3. Pilih (1) Hapus lagi ini, kemudian pilih (2) lagu yang disediakan oleh youtube yang layak monetisasi, sesuaikan penempatan musik pada video anda. Setelah itu klik Simpan




4. Maka video anda akan layak monetisasi setelah musik/lagunya diganti.

Demikianlah Cara Mencegah Agar Musik Video Youtube tidak Terkena Hak Cipta dan cara mengatasinya.
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Agar Musik Video Youtube tidak Terkena Hak Cipta"

Silahkan berkomentar dengan sopan !
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top