Lebih Baik Menjadi Penulis Lepas atau Penulis Blog Pribadi?

Advertisement
Menulis adalah salah satu kegiatan manusia sejak zaman batu, dulu menulis dengan cara mengukir diatas batu atau kayu, namun zaman yang semakin modern membuat manusia menulis pada selembar kertas atau pada keyboard komputer. 
Menulis bagi sebagian orang sangat menyenangkan (termasuk saya) karena imajinasi, gagasan, pemikiran dapat kita tuangkan ke dalam sebuah tulisan. Menulis juga bisa menghasilkan penghasilan yang mungkin anda tidak bisa bayangkan, misalnya penulis novel yang sukses atau penulis skenario film yang bisa menghasilkan uang milyaran rupiah.

Bagi saya menjadi penulis di blog adalah sesuatu yang menyenangkan dalam mengisi waktu luang, kepuasan tersendiri jika apa yang ada didalam pikiran dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Blog yang pada dasarnya hanya sebuah diary online kini bertransformasi menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan uang, dengan blog anda bisa menghasilkan uang dari iklan PPC (Pay perclick) ataupun iklan mandiri.
Baca Juga : Tips Mudah Meningkatkan BPK/CPC Adsense

Namun tidak semuanya bisa menghasilkan uang dari blog karena ada sebagian dari blog yang tidak memenuhi standar iklan PPC khususnya adsense, maka cara lain yang bisa didapat adalh menjadi penulis artikel lepas.





Apa Itu Penulis Lepas?
Penulis Lepas adalah seseorang yang membuat sebuah karya melalui tulisan untuk blog milik orang lain. Penulis lepas ini akan dibayar oleh si pemilik blog untuk setiap satu artikelnya. Bayaran yang didapat pun tidak semuanya sama, ini tergantung kesepakatan, misalnya pemilik blog akan membayara penulis lepas Rp.100rb/artikel dengan syarat artikel adalah murni hasil karyanya dan minimal ada 700 kata dalam satu artikelnya. Pemilik blog bahkan akan membayar mahal jika artikelnya sangat menarik dan melebihi 1500-2000 kata. 

Namun pemilik dengan blog dengan Rank tinggilah yang biasanya membuka lowongan freelance untuk penulis lepas.

Lebih baik menjadi Penulis Lepas atau Penulis Blog Pribadi?
Kelebihan menjadi seorang freelance penulis lepas adalah bisa menghasilkan uang dengan cepat, mereka miliki artikel kemudian menjualnya dan seketika mendapat uang. Anda bisa bayangkan jika dalam sehari bisa membuat 10 artikel dan satu artikel dihargai Rp.100rb maka anda akan mendapatkan uang senilai Rp.1juta/hari, nah jika satu bulan?




Namun tidak ada salahnya juga anda menjadi penulis di blog anda sendiri, terlebih jika sudah memiliki akun iklan ppc adsense. Memang pada awal mendapatkan iklan adsense penghasilan sangat sedikit, tapi jika anda setiap hari menulis setidaknya satu artikel ini akan menjadi tabungan. Tahun ke tahun blog anda mengalami perkembangan, dari mulai hanya 1000 pengunjung perhari bisa saja menjadi 100.000 pengunjung perhari, maka peluang penghasilan adsense pun akan meningkat. Apakah anda tahu bahwa pembeli artikel dari penulis lepas dulunya adalah seorang penulis blog pribadi dengan penghasilan sedikit? yaa mereka merintis usahanya dengan kerja keras hingga bisa menghasilkan ribuan dolar dalam sehari, jadi mungkin tidak seberapa bagi mereka membeli artikel seharga Rp.100rb untuk investasi kedepannya.
Kesimpulan
Menjadi penulis lepas ataupun penulis pribadi adalah pilihan anda, tidak ada yang salah diantara keduanya, hanya saja bagaimana anda dapat mengatur waktu serta tujuan  dalam menulis artikel. Jika tujuan menulis adalah menghasilkan uang maka anda bisa memilih opsi menjadi penulis lepas, jika menulis adalah sebagian dari passion(hobi) anda maka bisa menjadi penulis diblog pribadi dengan prinsip bahwa penghasilan dari menulis adalah sebuah nilai PLUS/Reward/Penghargaan.
Tag : Info Blog
0 Komentar untuk "Lebih Baik Menjadi Penulis Lepas atau Penulis Blog Pribadi?"

Silahkan berkomentar dengan sopan !
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top