Anda Mulai Malas Ngeblog? Mungkin ini Penyebabnya!

Advertisement
Menjadi seorang blogger/penulis bagi sebagian orang mungkin sebebagai media untuk mencari penghasilan atau bahkan hanya sebagai diary online, namun bagi saya menjadi seorang blogger adalah kepuasan tersendiri atau bisa dibilang hobi. Seiring berjalannya waktu membuat seseorang malas hingga jarang sekali mengisi blognya dengan konten artikel bahkan vakum dari blog. Ada beberapa alasan yang membuat seseorang malas akan aktifitasnya di blog, berikut ini adalah salah satu faktor penyebab yang membuat anda malas ;

1. Faktor Waktu
Seorang blogger tentunya memiliki aktifitas lain di dunia nyata baik itu sebagai mata pencaharian maupun pendidikan, jika anda seorang pekerja pastinya tidak banyak waktu yang dapat disisihkan hanya untuk sekedar membuat konten artikel.
Anda bisa menggunakan waktu libur kerja untuk menulis atau bahkan disela-sela pulang bekerja, biasanya waktu istirahat hanya diisi untuk melihat-lihat media sosial, cobalah pergunakan untuk menulis artikel setidaknya satu hingga dua paragraf saja. Jika anda seorang pelajar waktu menulis konten sangat banyak, seharusnya bisa membuat satu sampai dua artikel perhari. 




2. Tujuan Memiliki Blog
Hal yang utama dalam membangun sebuah blog adalah tujuan yang mendasar agar blog yang dibangun susah payah tidak kandas ditengah jalan. Tentukan tujuan apa yang mendasari anda memiliki blog? Jika tujuannya adalah hanya untuk menghasilkan uang dari iklan PPC maka percayalah ini membuat anda terpaksa dan akan bosan mengurus sebuah blog, terpaksa meluangkan waktu membuat konten artikel akan membuat isi dari konten terkesan terburu-buru sampai akhirnya isi yang dimaksud tidak begitu jelas tersampaikan ke para pembaca. Jika hal ini terus dilakukan maka bukan tidak mungkin pembaca tidak mau mengunjungi blog.
Jadikanlah blog sebagai sarana hobi untuk mengisi waktu luang anda menjadi berharga, bukan mengisi waktu berharga anda menjadi suatu keadaan terpaksa.
Baca Juga : Pilih Menjadi Blogger atau Youtuber yaa? (dari segi penghasilan)

3. Pengunjung Tidak Kunjung Ramai
Sedih dirasakan pada saat saya memiliki sudah memiliki blog namun pengunjung sepi, inilah salah satu yang membuat malas untuk membuat konten. Pengunjung saja sedikit, jadi untuk apa saya terus menulis? itulah yang dipikirkan ketika trafik blog masih rendah. Justru disinilah anda diuji tujuan dari memiliki blog, jika sebuah passion (hobi) tentu akan terus semangat menulis karena tujuannya adalah menulis untuk membagikan pengalaman/informasi bukan untuk mencari penghasilan. 
Jika anda mengalami hal ini segeralah mencari teman satu hobi(blogger) dengan anda untuk mencari penyemangat, tidak harus teman didunia nyata, bergabunglah digrup-grup sosial media yang membahas seputar blog.
Baca Juga : Niche Blog yang paling Banyak Dikunjungi




4. Bingung mau menulis apa?
Kehabisan sebuah ide banyak dialami blogger, terlebih jika blog membahas satu tema (niche), sebelum anda membuat blog seharusnya buatlah tema pembahasan blog yang sesuai dengan apa yang anda sukai, misalnya anda penyuka otomotif dan sering pergi ke komunitas atau bahkan bengkel variasi motor/mobil, nah manfaatkanlah apa yang anda ketahui seputar otomotif kedalam sebuah tulisan. Percayalah ide akan selalu muncul jika anda menyukai apa yang anda sukai.

5. Keterbatasan Biaya
Jaringan internet membutuhkan data untuk mengaksesnya, sementara data harus kita beli untuk mendapatkannya. Kehabisan kuota interet membuat blog tidak terisi dengan konten untuk sementara waktu, namun jika hal ini terjadi terus menerus menyebabkan traik blog semakin turun karena anda kurang aktif di blog. Untuk mengatasi hal ini cobalah menghemat pengeluaran pulsa, misalnya dalam satu bulan anda hanya mendapat kuota sebanyak 5GB maka pergunakanlah sebaik mungkin, kurangi menonton youtube, membuka instagram, facebook atau sejenisnya yang membuat kuota semakin menipis. Kuota data internet untuk menulis artikel tidak menguras banyak kuota seperti youtube, instgram, facebook dll. Jadi intinya pergunakanlah apa yang menjadi kebutuhan saja.




6. Adsense Ditolak!
Berdasarkan cerita para anggota dalam komunitas yang saya baca, mayoritas belum memiliki akun adsense. Awalnya mereka semngat membuat konten, namun karena banyaknya penolakan dari pihak iklan adsense membuat mereka tidak percaya diri akan hasil jerih payah tulisannya. Padahal aturan untuk blog jika ingin menampilkan iklan adsense sangat ketat, mereka yang bersungguh-sungguhlah yang akan mendapatkannya, seperti kata pepatah "Manjadda Wa Jadda" Siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkannya.
Baca Juga : Persyaratan Agar Adsense Cepat Diterima

Kesimpulannnya bulatkan apa tujuan memiliki blog, jika sebuah hobi percayalah semangat tidak akan luntur, tapi jika hanya mencari uang atau mengikut tren maka percayalah anda akan mudah menyerah.
2 Komentar untuk "Anda Mulai Malas Ngeblog? Mungkin ini Penyebabnya!"

Kalau gue bukan di tolak adsense, tapi pendapatan adsense tak kunjung meningkat

ga da waktu lik, sibuk ngurusin orderan heheh....

Silahkan berkomentar dengan sopan !
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top