Eksperimen Menggunakan Ad Balance Google Adsense Untuk Blog

Advertisement
Fitur baru yang bisa digunakan para publisher adsense adalah Ad Balance pada google adsense, sebenarnya fitur ini sudah dikenalkan pertengahan tahun 2016. Pada aktualnya masih banyak publisher adsense khususnya untuk blog masih bingung menggunakan fitur Ad Balance ini termasuk saya. Setelah saya baca diberbagai sumber artikel maupun diskusi grup yang membahas masalah Ad balance sedikit memberikan pencerahan walaupun tidak banyak yang membuat artikel mengenai ad balance.
Saya mulai mencoba atau bereksperimen pada awal bulan februari 2017 (tanggal 1) hingga akhir bulan februari 2017 (tanggal 28), sebelum saya membahas hasil dari percobaan yang telah dilakukan, terlebih dahulu akan menjelaskan Ad Balance.
Ad Balance adalah fitur untuk memaksimalkan penghasilan adsense, pada gambar diatas akan dijelaskan secara rinci dibawah ini ;

1. Estimated 100% of your earnings adalah penghasilan adsense yang akan anda dapatkan berdasarkan jumlah klik iklan dan CPC, pada pengaturan dasar adalah 100% yang artinya penghasilan yang anda dapatkan adalah sebanyak 100% atau dikatakan semuanya.




2. Showing of potential ads adalah petensi iklan yang muncul di blog anda, jika potensialnya 100% maka jumlah iklan yang ditampilkan semuanya berdasarkan jumlah unit iklan anda.
Misalnya ; anda memasang 5 unit iklan adsense di blog, jika potensialnya 100% maka iklan yang muncul adalah 5 unit iklan. Jika anda mengatur menjadi 70%  potensialnya maka iklan yang akan muncul adalah sekitar 3 atau 2 unit iklan

Bagaimana Cara mengatur persen pada estimated earnings dan showing potential ads?
Pada percobaan satu bulan ini saya mengatur ad balance menjadi seperti dibawah ini ;

Semakin kecil nilai potensial ads maka unit iklan yang ditampilkan pun akan semakin sedikit namun menurut penjelasan para ahli adsense di grup menjelaskan bahwa semakin kecil potensial ads (%) maka CPC pun akan meningkat dibandingkan yang potensial adsnya besar (%). Jika ingin lebih baik lagi anda bisa mengaturnya hingga area "Better user experience range" yang disarankan oleh pihak adsense. Penggunaan potensial ads yang kecil juga akan meningkatkan relevansi iklan yang ditampilkan dibandingkan dengan nilai potensialnya 100%, bisa dikatakan adsense akan memilih dan memilah iklan yang paling tinggi CPCnya.
Namun hal diatas tidak bisa dikatakan 100% benar, percobaan yang saya hasilkan berbeda jauh dengan pendapat diatas, jumlah klik iklan sedikit lebih meningkat sekitar 20% namun CPC sangat kecil (antara US$0,02 hingga 0,03) bahkan lebih kecil dari bulan sebelumnya yang biasanya mendapatkan cpc 0,04 keatas.





Perbandingan Jumlah Klik dan CPC antara menggunakan fitur Ad Balance dan tidak menggunakan fitur Ad Balance
1. Berikut ini adalah hasil klik iklan selama satu bulan menggunakan fitur ad balance dengan setingan 100% estimated earnings dan 70% potensial ads.

Keterangan : Jumlah klik yang didapat dalam satu bulan adalah sebanyak 451 klik, ini berdasarkan trafik blog saya (sekitar 2000-3000 penayangan) dengan cpc rata-rata adalah antara 0,02 hingga 0,04

2. Berikut ini hasil klik iklan dibulan sebelumnya tanpa menggunakan fitur ad balance
Keterangan : Jumlah klik iklan adalah 564 lebih besar dibandingkan dengan menggunakan fitur ad balance, dengan cpc rata-rata antara 0,04 hingga 0,08.




Kesimpulan :
Hasil percobaan yang saya lakukan memang tidak bisa sepenuhnya dijadikan acuan untuk mengetahui informasi seberapa berhasilkah penghasilan adsense menggunakan fiutr ad balance, namun ini mungkin bisa menjadi pencerahan bagi anda yang ingin mencoba fitur terbaru ini. Walaupun pada percobaan ini penghasilan turun hingga 30% namun tidak menyurutkan niat untuk terus bereksperimen lagi. Jika anda ingin mencapai keberhasilan jangan takut untuk mencoba, walaupun hasilnya tidak seperti apa yang diharapkan, mungkin keberhasilan anda sedang tertunda.
2 Komentar untuk "Eksperimen Menggunakan Ad Balance Google Adsense Untuk Blog"

Wah ini yang sedang saya cari gan, terimakasih banyak atas share pengalamannya. Saya baru saja melakukan percobaan selama 2 hari dan hasilnya cukup memperihatinkan ( pendapatan turun 50% ).

Tadinya berniat ingin mencoba selama 1 bulan penuh, tapi setelah browsing2 eh nemu page agan ini. Tapi hasil ini real kan gan? jika iya, saya sangat berterimakasih. Karena dengan hasil agan ini sudah cukup mewakili. Ditambah lagi sampel yang saya lakukan selama 2 hari.

Kesimpulan tambahan yang bisa saya ambil.
"Mungkin Fitur Adbalance ini tidak berlaku untuk traffic lokal kita, karena mayoritas cpc kita memang kecil. Jadi menurut saya tidak ada iklan dengan bayaran tinggi di negara kita, sehingga dengan mengurangi prosentase fillrate iklan sama saja mengurangi pendapatan"

sederhananya gini "sudah iklan murah2 semua eh malah dikurangi frekuensinya"

Mungkin itu gan sedikit tambahan dari saya, semoga bisa bermanfaat juga hehehee

Salam,
blogger rajin

delete

mungkin itu sebabnya gan adsense local kurang bisa bersaing dengan adsense diluaran sana yang lebih besar nilai cpcnya, tapi agan kok nanggung ya cuman 2 hari percobaannya, hehe.

Silahkan berkomentar dengan sopan !
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top