Eksperimen Memasang Iklan Matched Content Adsense (Studi Kasus)

Advertisement
Sebenarnya iklan adsense matched content ini sudah lama diperkenalkan yakni sekitar tahun 2015, namun publisher adsense rupanya banyak juga yang belum mengetahui jenis unit iklan ini. Iklan matched content dalam hal tampilan menyerupai related post dengan gambar, hanya saja perbedaannya ini dibuat oleh google adsense. Uniknya iklan yang ditampilkan adalah artikel kita sendiri sehingga ini dapat juga dikatakan sebagai promosi gratis bagi pemilik blog. Pada dasarnya tidak akan mendapatkan uang dari hasil klik iklan matched content ini, namun trafik pageview blog akan semakin tinggi, ini disebabkan karena pengunjung akan melihat artikel lebih lama di blog. Iklan ini juga dapat disimpulkan jika pageview tinggi maka peluang klik pun akan semakin banyak. 
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara memasang iklan matched content di blog dan bagaimana hasil setelah memasang iklan ini (menurut eksperimen saya).




A. Cara memasang Iklan Matched Content Adsense di Blog

1. Pertama anda buka akun adsense anda https://www.google.com/adsense
2. Lihat bilah menu samping Pilih My Ads > Ad Unit > Unit Iklan baru (New ad unit)

3.  Pilih Matched Content, jika anda tidak melihat Matched Content artinya blog anda belum dapat di pasang iklan ini (biasanya konten kurang memadai, trafik masih rendah)

4. Get Started

5. Lihat dibawah gambar penjelasannya ;
1). Pilih url blog yang akan dipasang iklan matched content, saya memasang blog saya yang pertama (hendrisetiawan.com) karena blog ini belum bisa dipasangi iklan matched content.
2). Pilih gaya iklan dan ukurannya
3). Pilih Responsive saja agar iklan dapat dimuat pada tampilan selular
4). Save and Get Code




6. Silahkan Copy kodenya dan pasang iklannya di blog anda


B. Eksperimen Memasang Iklan Matched Content

Saya membuat iklan matched content ini pada tanggal 17 januari dan dicoba perkembagannya hingga tanggal 21 januari (selama 4 hari). Berikut ini adalah rinciannya ;
Pada gambar diatas saya simpulkan bahwa tampilan aktif yang dapat dilihat pengunjung hanya sekitar 30% saja, saya bandingkan dengan unit iklan laiinyya yang bisa sampai 50% tampilan aktinya. Tampilan aktif adalah ukuran seberapa baik iklan yang ditayangkan, tapi pada iklan matched content saya rasa kurang baik. Iklan ini juga memakan data yang lumayan besar ketika loading, karena ukuran iklan lebih besar.
Sebenarnya ini juga dipengaruhi oleh niche blog, niche pada hendrisetiawan.com bersfat universal (gado-gado) sehingga iklan yang itampilkan pun cenderung acak. Misalnya ketika pengunjung membaca masalah tips android namun yang tampil artikel makalah sekolah, saya simpulkan bagi blog gado-gado iklan jenis matched content ini kurang bisa diandalkan. Jika hanya ingin mendapat trafik banyak cukup pasang related post saja, jelas related post itu ditampilkan berdasarkan Label artikel.
Namun menurut saya jika blog berniche khusus misalnya kesehatan maka iklan yang ditampilkan akan sangat relevan dan mengundang pengunjung untuk mengklik.




Bagaimana dengan posisi yang pas untuk ditempatkannya iklan matched content?
Saran dari google adsense iklan ini lebih baik disarankan diletakkan dibawah postingan artikel

Dibawah ini adalah contoh iklan matched content ;
Keterangan : ketika saya membuka artikel "Cara berbelanja di lazada" tapi artikel yang ditampilkan seperti diatas, sangat tidak berhubungan.

Kesimpulan :
Iklan matched content lebih cocok untuk blog yang berniche khusus saja bukan gado-gado
2 Komentar untuk "Eksperimen Memasang Iklan Matched Content Adsense (Studi Kasus)"

Betul gan, punya ane yang bernice khusus matched contenya menyesuaikan artikel yg di baca.

Punya saya belum ada malah, kayaknya karena trafiknya belum memadai.

Silahkan berkomentar dengan sopan !
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top