Adsense Blog dan Adsense Youtube Pilih Mana?

Advertisement
Adsense adalah layanan iklan berbasis PPC (pay perclick) yang dapat anda gunakan untuk mencari penghasilan tambahan dalam bidang internet marketing. Namun bagi anda yang baru mulai menjajal bisnis ini mungkin agak ragu mana yang harus dipilih antara Blog dan Youtube, yahh dua aliran ini tentunya sangat jauh berbeda tapi sama-sama menggunakan Adsense sebagai layanan PPCnya. 

Dalam menjalani dua hal tersebut tentunya ini seharusnya berdasarkan passion (hobi) anda, jika anda hobi menulis sangat disarankan menggunakan Blog sebagai jalan kelanya, begitu pula sebaliknya jika anda hobi travelling ataupun membuat tutorial berbasis video lebih baik anda memilih youtube sebagai sarana penghasilan anda.




Banyak blogger sukses dalam menjalaninya, seperti yang kita tahu Raditya Dika sebelum terkenal seperti skarang dia menjadi blogger, dia menulis apa yang ada dipikiranya kemudian ditumpahkan kedalam sebuah karya tulisan pada websitenya hingga akhirnya dia menjadi penulis sukses seperti sekarang, namun tidak cukup sampai disitu Raditya Dika pun akti di channel youtubenya, dia menggunggah video kesehariannya atau lebih dikenal VLOG (Video Log), penhasilan adsensenya pun bisa melejit hingga puluhan bahkan ratusan juta dalam sebulan (sekali payout).

Bagi anda yang ingin menjajal adsense ada baiknya menyimak kelebihan dan kekurangan keduanya versi tutorialbelajarblog :

Kelebihan Akun  Adsense Blog
Kelebihan adsense blog dibandingkan youtube adalah sebagai berikut ;
1. CPC/BPK adsense blog biasanya lebih besar dari pada adsense youtube, hal ini karena blog yang berbentuk tulisan akan secara otomatis berpengaruh terhadap iklan yang ditampilkan, misalnya artikel tentang kesehatan maka iklan pun akan muncul masalah kesehatan atau penjualan obat. Maka pengunjung akan lebih tertarik, dan harga klik iklan akan semakin mahal.

2. Sangat jarang terkena suspense atau penonaktifan akun, jika sudah memiliki akun adsense untuk blog jangan khawatir terkena blok sementara karena hal ini sangat jarang ditemukan bagi pengguna blog, terkecuali memang pelanggarannya benar-benar keterlaluan (klik iklan sendiri).




3. Pendapatan adsense blog biasanya stabil bahkan lebih dari pendapatan biasanya, jarang sekali penghasilan adsense menurun. Hal ini karena visitor blog lebih stabil, apalagi jika artikel anda sudah SEO maka sangat kecil kemungkinan artikel tersebut down.

4. Akun adsense blog bisa digunakan untuk youtube, jika anda mempunyai akun adsense blog maka anda sangat beruntung karena akun adsense blog bisa juga dipakai diyoutube tanpa harus daftar lagi.


Kekurangan Akun Adsense Blog
1. Pendaftaran adsense dapat dikatakan sulit, karena persyaratannya sangat banyak, mulai dari jumlah visitor, pageview blog, kualitas artikel, tampilan blog dan lain-lain. Review selama masa proses penerimaan akun adsense pun terjadi dua kali masa review, ini membuat waktu approve terkadang lama, biisa jadi  hari hingga dua minggu lamanya.


2. Penempatan iklan harus ditempatkan sendiri secara manual, tidak seperti youtube yang langsung pakai, iklan di blog harus kita yang memilih tempat untuk ditampilkannya, baik itu pada sidebar blog, didalam postingan, diatas postingan dan lain sebagainya.


Kelebihan Akun Adsense Youtube 
1. Pendaftaran akun adsense youtube sangat mudah, sekali daftar anda akan langsung diterima pada saat itu juga tanpa masa review, dan anda bisa langsung memonetisasi video anda dengan adsense.

2. Tidak perlu repot memasang iklan, karena iklan youtube akan disesuaikan dengan panjangnya durasi video anda dan secara otmatis iklan akan muncul.

3. Video anda tidak harus memiliki viewers banyak untuk dipasangi iklan, belum ada viewers pun video dapat anda monetisasi.





Kekurangan Akun Adsense Youtube
1. Akun adsense youtube tidak dapat digunakan untuk blog, jadi jika ingin mempunyai adsense blog harus mendaftar lagi.

2. Penghasilan youtube cenderung tidak stabil, karena persaingan video yang semakin banyak bisa saja viewers anda berkurang.

3. Jika video anda tidak benar-bernar murni maka biasanya video tidak dapat dimonetisasi (lambang dollar tercoret/kuning), karena sering terjadi pelaporan pelanggaran hak cipta dari pemilik aslinya.

4. Terjadi blok/suspense akun adsense karena pelanggaran hak cipta, jika anda mengajukan banding dan anda memang terbukti bersalah karena menggunakan video orang lain maka akun adsense akan diberhentikan sementara.

Hal diatas adalah versi tutorialbelajarblog, jika anda ingin memulai menjadi blogger maupun youtuber maka sangat disarankan membuat konten sendiri tanpa menggunakan karya orang lain semata-mata ingin mendapatkan uang, Be your self. 
2 Komentar untuk "Adsense Blog dan Adsense Youtube Pilih Mana?"

Alhamdulillah adsensens ane buat blog dan youtube... meski jarang aktif uploads video 😂

Silahkan berkomentar dengan sopan !
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top