Mengenal Istilah-istilah Pada Google Adsense

Advertisement
Google adsense adalah jenis layanan iklan (affiliate) yang sangat terkenal di dunia internet, banyak publisher adsense baik itu Blog maupun youtube menggunakan adsense untuk memperoleh penghasilan. Bagi yang baru saja belajar adsense terutama yang diterima adsense tentunya rancu dengan istilah-istilah yang ada pada google adsense. Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai pengertian estimated earning, pageview, CTR, CPC dan lain sebagainya.

1. Estimated Earning (Taksiran Penghasilan)
Estimated earning adalah Taksiran penghasilan jumlah uang yang masuk ke akun adsense kita. Pada akun adsense ($/dollar) saya terhitung dalam satu hari dimulai pada pukul 14.00 WIB dan berakhir pada pukul 14.WIB,  artinya setelah jam 2 siang itulah hasil yang saya dapat selama satu hari, mungkin berbeda dengan adsense (Rp/rupiah) dihitung mulai pukul 00.00.
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile

Pada gambar diatas terdapat taksiran penghasilan hari ini, kemarin, bulan ini dan bulan lalu. Simbol panah hijau dibawah adalah perbandingan dengan penghasilan pada masa sebelumnya. Jika panah berwarna hijau artinya terdapat peningkatan, jika merah maka artinya terjadi penurunan.




2. Page Views (tampilan laman)
Tampilan laman adalah jumlah iklan yang tampil pada blog/youtube kita, misalnya blog saya dipasang 4 iklan, dan laman blog tampil sebanyak 5 kali artinya pageview/tampilan laman terhitung 5 tampilan laman bukan 20 tampilan laman.
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile

Pada gambar diatas blog saya memiliki 915 pageview (tampilan laman) perharinya, artinya iklan yang muncul adalah sebanyak 915 kali dengan catatan 4 iklan dihitung 1 kali.

3. Impressions (Tayangan)
Impressions adalah tayangan laman blog yang dilihat oleh pengunjung tanpa menghitung jumlah iklan yang muncul.
Misalnya tayangan blog saya sebanyak 3.819 perharinya, artinya 3.819 artikel blog saya dilihat oleh pengunjung.
Mengapa Tayangan lebih besar dari pada tampilan laman?
Pada kasus diatas saya memiliki tayangan sebanyak 3.819 dan tampilan laman sebanyak 915, artinya pada 3.819 artikel yang dilihat pengunjung hanya melihat 915 iklan saja, ini terjadi oleh banyak faktor misalnya, pengunjung menggunakan Adblock atau laman iklan yang gagal dimuat karena koneksi yang lambat.
Baca Juga : Penyebab Tampilan laman lebih sedikit dibanding Tayangan
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile

Click adalah jumlah banyaknya iklan yang diklik oleh pengunjung.
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile

Pada gambar diatas jumlah klik yang saya dapat dalam sehari adalah 14 klik saja, klik dipengaruhi oleh banyaknya pageview(tampilan laman) semakin besar pageview maka peluang klik pun semakin banyak.
Baca Juga : Jenis Iklan yang Paling Banyak Diklik Pengunjung




5. CTR (RKT LAMAN)
CTR (Click Trought Rate) adalah perbandingan antara jumlah klik dan tampilan laman yang dihitung dalam persentase.
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile

Perhitungannya adalah :
Jumlah klik/jumah tampilan laman*100%
Misalnya : Jumlah klik=14, tampilan laman=934
maka CTRnya adalah (14/934)x100%=1,5%
CTR yang normal adalah antara 0% sampai 10% atau bisa juga lebih dari itu, tergantung banyak klik dan tampilan lamannya. Namun CTR yang tidak normal biasanya melebihi angka 80%, ini artinya terjadi invalid click atau klik yang tidak sah, penyebabnya salah satunya adalah BOM KLIK, bom klik terjadi karena pada satu unit iklan di klik sebanyak beberapa kali. Google bisa melihat klik normal dan invalid klik dengan hanya melihat CTR saja, jadi jangan heran terkadang jumlah penghasilan bisa berkurang setiap jamnya.

6.CPC (Cost perclick)
Cpc atau BPK(Biaya perklik) adalah besaran biaya yang dikeluarkan adsense untuk 1 klik.
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile

Pada gambar diatas cpc saya hari ini adalah US$0,03 yang artinya 1 klik harganya US$0,03. Misalnya dalam satu hari saya mendapat 14 klik maka penghasilan/estimated earning saya adalah 14x0,03=US$0,42
Setiap hari nilai cpc berbeda-beda, ini semua tergantung si pengiklan.
Baca Juga : Tips Mudah Meningkatkan CPC/BPK Adsense





7. RPM (PPS Laman)
RPM (Revenue per thousand impression) adalah penayangan perseribu laman atau lebih dikenal PPS Laman, RPM bisa dijadikan acuan untuk menghitung penghasilan adsense kita kedepannya.
Misalnya : Dalam 1000 tampilan laman bisa menghasilkan US$2, maka jika memiliki 5000 tampilan laman maka kemungkinan akan menghasilkan US$10.
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile

Perhitungan RPM : Jumlah penghasilan/(tampilan laman/1000)
Dalam satu hari saya menghasilkan US$5 dan memiliki tampilan laman 3000, maka {5/(3000/1000)=1,6} artinya dalam 1000 pageview(tampilan laman) bisa menghasilkan US$1,6 jika saja saya memiliki 10.000 tampilan laman maka ((10.000/1000)*1,6=10,6) saya kemungkinan akan mendapatkan US$10,6
2 Komentar untuk "Mengenal Istilah-istilah Pada Google Adsense"

Selama ini yang saya tahu cuman cpc dan estimated earning saja gan.... hehehehe

yang penting mah estimated earning ya gan, haha

Back To Top