Jenis Unit Iklan Adsense Yang Paling Banyak Di Klik (Studi Kasus)

Advertisement
Adsense adalah jenis iklan yang paling populer diantara iklan affiliate lainnya, hal ini dikarenakan Google sangat menghargai para publisher iklannya, tidak tanggung-tanggung publisher adsense ini dibayar mahal, dalam satu klik saja bisa dihargai US$.1 atau lebih, tentunya ini amatlah besar dibandingkan pesaing adsense lainnya.
Besarnya penghasilan seorang publisher adsense ternyata bagaimana ia bereksperimen dengan iklan yang diterapkan di blognya, mulai dari posisi iklan yang berpeluang besar untuk diklik, jenis iklan (ukuran), iklan apa yang ditayangkan dan masih banyak lagi.
Dalam studi kasus yang saya lakukan terhadap iklan adsense saya adalah untuk mengetahui jenis iklan apa saja yang paling banyak di klik oleh pengunjung. Studi kasus ini saya ambil dari rentang waktu 7 hari hingga 30 hari.




Saya menerapkan 3 jenis ukuran iklan, yaitu iklan dengan ukuran 300x250 (jenis iklan gambar), 180x90 (jenis iklan tautan/link), dan iklan responsive (menyesuaikan penempatan iklan). Pada 3 jenis iklan tadi ternyata yang paling banyak diklik adalah jenis iklan tautan (180x90) disusul oleh iklan dengan ukuran 300x250 dan terakhir iklan responsive. 
Iklan responsive (paling atas), iklan tautan (tengah), iklan 300x250 (bawah)

Mengapa ini bisa terjadi?

Jenis Iklan yang paling banyak di klik pengunjung

1. Iklan Tautan/Link (ukuran 180x90)
Posisi Penempatan : Di dalam postingan artikel
Dalam rentang waktu 7 hari ternyata iklan tautan ini memperoleh klik sebanyak 85, dan dalam rentang waktu 30 hari memperoleh 274 klik berdasarkan 3500 tayangan/hari atau 1000 tampilan laman/hari.

Hal ini bisa terjadi karena iklan tautan adalah iklan yang paling menyesuaikan dengan isi artikel yang sedang dibaca, misalnya pengunjung membaca artikel tentang cara menabung dibank, maka iklan tautan ini secara otomatis menyesuaikan misalnya Syarat menabung atau Membuat Deposito.





2. Iklan Gambar (Ukuran 300x250)
Posisi Penempatan : Di dalam postingan artikel
Dalam rentang waktu 7 hari ternyata iklan tautan ini memperoleh klik sebanyak 36, dan dalam rentang waktu 30 hari memperoleh 112 klik berdasarkan 3500 tayangan/hari atau 1000 tampilan laman/hari.

Dua kali lipat lebih sedikit dibandingkan iklan tautan, pengunjung memilih iklan dengan gambar jika iklan gambar tersebut memang menarik, terkadang iklan dengan gambar tidak menyesuaikan dengan isi artikel yang dibahas, namun dari hasil studi diatas bahwasannya iklan gambar dengan ukuran 300x250 masih diminati pengunjung blog. Selain faktor tersebut, iklan gambar memakan banyak data untuk dimuat, kecepatan internet pengunjung berbeda-beda, bisa saja iklan gambar gagal dimuat yang mengakibatkan klik menjadi sedikit, berbeda dengan iklan tautan yang tidak memerlukan banyak data ketika loading transfer data.





3. Iklan Responsive
Posisi Penempatan : Di atas postingan artikel
Pada iklan responsive yang saya tampilkan yakni ditempatkan diatas postingan artikel setelah menu navigasi blog. Dalam rentang waktu 7 hari ternyata iklan tautan ini memperoleh klik sebanyak 8, dan dalam rentang waktu 30 hari memperoleh 23klik berdasarkan 3500 tayangan/hari atau 1000 tampilan laman/hari.

Saya bisa simpulkan bahwa ini adalah kesalahan peletakan posisi iklan, posisi iklan yg terlalu diatas tidak anyak dilihat oleh pengunjung, ketika pengunjung membuka artikel pastinya mereka akan scroll kebawah untuk melihat isi artikel dan melewatkan iklan yang berada diatas. Oleh karena itu klik yang diperoleh pun akan sedikit dibanding unit iklan yang berada di sela sela artikel.

Kesimpulan :
Hal diatas adalah studi kasus saya, artinya ini tidak menjadi patokan bahwa hal diatas adalah 100% benar, mungkin saja bisa jadi lebih sedikit klik atau mungkin lebih banyak klik. Semua itu tergantung eksperimen masing-masing, jika kita ingin sukses maka cobalah sesuatu yang baru, begitupun dengan adsense.
2 Komentar untuk "Jenis Unit Iklan Adsense Yang Paling Banyak Di Klik (Studi Kasus)"

Tapi kalau iklan tautan bukanya ppcnya juga kecil gan....

Memang kecil, tp tak jarang cpc iklan link juga besar gan, yaa sbg publisher hrus bnyak eksperimen gan, hehe. Saya juga msh belajar

Back To Top