Tips untuk membuat artikel/ konten blog yang baik

Advertisement
Halo sobat TBB, dikesempatan kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara membuat artikel/ konten blog yang baik dan benar. Hal utama dari pembuatan artikel adalah proses penulisan yang murni atau original buatan kita sendiri, tidak menyalin dari artikel yang sudah ada. Selain hal diatas ada juga hal yang kita sepelekan saat maupun sesudah membuat artikel. 
Mari kita simak cara membuat artikel yang baik:




1. Bacalah artikel yang sudah ditulis sebelum di publish

Sering kali kita mengabaikan hal yang satu ini, alangkah baiknya kita membaca kembali artikel yang telah kita tulis sebelum di post, mengapa? Banyak alasan yang membuat kita harus membacanya kembali. Misalnya
- Ada kata yang tidak benar, misalnya 'yag' yang seharusnya 'yang'.
- Kalimat yang rancu atau sulit dipahami pembaca, sebaiknya gunakan kalimat yang mudah dipahami pembaca.
- ada perulangan kata yang sebaiknya dihindari agar efesiensi kalimat lebih padat dan jelas.





2. Lengkapilah isi artikel sesuai apa yang diharapkan
Lakukan cek kembali artikel yang sudah dibuat apakah ada poin poin penting yang terlewat. Sebaiknya jangan terlalu basa basi terhadap artikel yang buat, banyak artikel yang tidak sesuai pada intinya yang membuat pembaca malas untuk membaca artikel kita. Ada baiknya buatlah artikel dengan poin poin dari pada dengan paragraf yang cenderung membosankan ketika dibaca.


3. Menganalisa keyword
Ini adalah hal yang harus kita lalukan saat membuat artikel, kita harus memikirkan apa keyword/ kata kunci yang sesuai dengan artikel. Menargetkan kata kunci memang tidak semudah yang dibayangkan, ada saja kata kunci yang meleset dan terabaikan oleh mesin pencari. Oleh karena itu, anggaplah kita yang sedang mencari artikel dan gunakan keyword tersebut.
BAca Juga : Cara mudah Agar artikel Cepat Terindeks oleh Google


4. Optimalkan judul artikel
Apakah kita sudah mengoptimalkan judul artikel ? Ini adalah kunci utama mendapatkan Seo dimata mesin pencari, banyak yang mengabaikan hal ini. Gunakanlah kata penunjang dalam membuat judul agar lebih relevan, misalnya "cara membuat blog" karena sudah terlalu umum maka kita modifikasi menjadi " cara mudah membuat blog" atau " cara mudah membuat blog diblogspot". 

5. Tautkan Link Posting Lama. 
Ketika kita membuat artikel baru terkadang ada kalimat yang kita tulis hampir sama dengan artikel lama kita, nah disinilah pentingnya menautkan link posting lama kita agar pembaca dapat membaca postingan lama kita. Misalnya, kalimat " setelah kita mengetahui cara membuat blog, selanjutnya kita akan membahas....(blablabla). Pada kalimat cara membuat blog dibuatkan link dengan url artikel yang sudah kita buat dahulu.


6. Tautkan link eksternal atau link referensi
Memang ada saja blogger yang menganggap menuliskan sumber referensi pada artikel yang dibuatnya dapat menurunkan SEO,  padalal anggapan ini salah, ada baiknya jika kita menyalin artikel dari luar tuliskan juga sumbernya juga sebagai sportifitas antar sesama blogger, mesin pencari pun tidak akan menganggapnya spam jika link tersebut ditautkan dengan benar.


7. Periksa kembali link yang anda tulis
Jangan terlalu terburu buru mempublish artikel kita, setelah kita menautkan link pada artikel kita sebaiknya cek lagi apakah link tersebut benarm misalnya www.google.cm yang seharusnya www.google.com





8. Berilah Gambar pada artikel tersebut
Selain gambar dapat memperjelas artikel kita, gambar juga dapat meningkatkan SEO. Sebagian orang menelusuri apa yang mereka cari lewat pencarian gambar, hal ini dapat kita manfaatkan sobat. Gambar pun dapat memperjelas urutan poin poin artikel kita, baik itu ilustrasi maupun screenshot. So, pengunjung tidak terlalu bosan saat membaca artikel kita.


9. Optimalkan permalink artikel 
Sebelum mempublish artikel sebaiknya kita cek permalink terlebih dahulu, walaupun sekarang blog sudah mempunyai permalink otomatis terkadang jika judul artikel terlalu panjang otomatis permalink pun terpotong. Buatlah sesimpel mungkin yang tidak terlalu panjang namun tepat sasaran sesuai judul artikel kita.


10. Berikan keyword pada deskripsi penulusuran
Untuk meningkatkan Seo alangkah baiknya kita menambahkan deskripsi penelusuran (dibawah permalink). Hal ini sangat dianjurkan sekali, tulis 1- 5 kata yang berhubungan dengan artikel tersebut tanpa mengulang kata.


11. Waktunya di publish
Setelah selesai dari poin 1-9 maka inilah saatnya artikel kita di posting, lantas kapan kita bisa mempublishnya? Sebenarnya ini kembali ke tema/blog/artikel masing masing. Jika artikel untuk pelajar bisa di publish sekitar jam 11.00 wib - 20.00 wib, karena pada jam tersebut pelajar dapat berselancar di internet. Jika untuk umum kita bisa publish kapanpun kita mau. Share Juga ke media sosial jika ingin mendapatkan pengunjung lebih bnyak.


Sekian artikel yang saya buat, mudah-mudahan bermanfaat bagi semua yang membaca. 
Tag : Tips Blog
2 Komentar untuk "Tips untuk membuat artikel/ konten blog yang baik"

Kadang kalau saya suka pengennya buru buru di Publish kalau nulis haha

Hehe, saya juga kadang begitu, cman dicek lagi kalo sdh d publish

Back To Top