Apa Sih Pengertian SEO Onpage Dan SEO Offpage Dalam Blog ?

Advertisement
Apa Sih Pengertian SEO Onpage Dan SEO Offpage Dalam Blog ?
Setelah kita tahu apa itu definisi dari SEO, selanjutnya kita membahas lebih dalam lagi mengenai jenis-jenis SEO ini.
Apa Sih Pengertian SEO Onpage Dan SEO Offpage Dalam Blog ?



1. SEO ONPAGE

SEO Onpage adalah suatu cara atau metode memaksimalkan (mengoptimalkan) peringkat suatu blog/website dari dalam blog itu sendiri. Banyak cara untuk melakukan SEO onpage ini, mari kita bahas :




1) Belajarlah membuat artikel yang berkualitas, hindari copy-paste artikel dari situs lain. Google spider akan mendeteksi artikel blog kita dari copy-paste, setidaknya kita mengolah (memodiikasi) artikel situs lain sedikit lebih berbeda, entah itu dari kata-kata kita sendiri atau meringkas dan menambah kata-kata.
Baca Juga : Apa Sih SEO itu? Pentingkah untuk Blog/Website?

2) Buatlah judul dari artikel yang telah kita buat serelevan mungkin, artinya kita perkirakan kata kunci yang sesuai dengan isi artikel kita, singkat, padat dan sesuai dengan target sasaran.
Misalnya artikel ini diberi judul "Apa Sih Pengertian SEO Onpage Dan SEO Offpage Dalam Blog ?"  pertama-tama saya survei di Google search "pengertian SEO Onpage & Offpage" kemudian saya buat judul artikel saya tentunya berbeda dengan artikel-artikel yang sudah ada sebelumnya.

3) Berilah gambar yang sesuai dengan artikel yang kita buat agar lebih menarik. cukup satu atau dua gambar saja. Agar lebih optimal beri judul pada gambar dengan judul artikel (pada title text & alt text )

4) Buat link yang sesuai dengan judul artikel kita, ini sangat penting karena link juga sangat mempengaruhi artikel kita di mesin pencari. Pilih tautan permanen khusus, Mengapa? karena biasanya tautan permanen otomatis karakternya terbatas.
Contoh :
tautan permanen otomatis
Penjelasan : lihat baik-baik, kalimatnya kurang lengkap, karena memang ini otomatis mengambil dari judul artikel kita.
tautan permanen khusus
penjelasan : pilihlah tautan permanen khusus agar kita bisa menambahkan kata pada kalimat yang kurang lengkap tersebut




5) Pilihlah template blog yang lebih SEO friendly, artinya agar loading blog/website kita lebih cepat, tidak memakan waktu banyak. Pengunjung lebih senang situs yang ringan, dari pada yang loadingnya berat. Dan satu hal lagi, jangan menambahkan widget terlalu banyak, pasanglah widget yang seperlunya, ini mempengaruhi loading blog kita.

6) Pasang Meta Tag, entah itu meta decription, meta keyword meta author, dll.
Contoh Meta Description :
contoh meta description

2. SEO OFFPAGE

SEO Offpage adalah suatu cara atau metode memaksimalkan (mengoptimalkan) peringkat suatu blog/website dari luar blog itu sendiri. Inilah salah satunya :
Baca Juga : Apa Sih SEO itu? Pentingkah untuk Blog/Website?

1) Backlink, backlink menjadi salah satu metode SEO yang sangat berpengaruh, karena link blog/website kita di luar blog kita yang mengarah ke situs kita, Bagaimana caranya? yaitu dengan saling tukar link dengan pengguna blog lain.

2) Rajin share posting/artikel ke social media, siapa yang tak punya sosmed zaman sekarang ini? yah, ini cara yang lebih efektif dalam memancing pengunjung dari sosmed ke blog kita, untuk itulah buatlah artikel yang menarik agar memancing penasaran banyak orang.

3) Sering berkunjung kepada para pengguna blog lain dengan berkomentar hal yang sesuai dengan artikelnya, jangan lupa ketik link site kita dalam kolom komentarnya.

Semoga Tips SEO Onpage dan Offpage ini bermanfaat bagi teman-teman, semangat terus dalam berkarya.

Tag : SEO
0 Komentar untuk "Apa Sih Pengertian SEO Onpage Dan SEO Offpage Dalam Blog ?"

Back To Top